Pengertian nya adalah sikap yang di tunjukkan oleh konsumen
dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai dan mengatur barang dan jasa.
Perilaku konsumen di pengaruhi oleh 2 faktor, yaitu
1. Faktor eksternal, seperti: Pengaruh keluarga, strategi marketing dan kelas referensi dan kelas social
2. Faktor internal, seperti: Presepsi, gaya hidup, sikap, belajar dan motivasi.
1. Faktor eksternal, seperti: Pengaruh keluarga, strategi marketing dan kelas referensi dan kelas social
2. Faktor internal, seperti: Presepsi, gaya hidup, sikap, belajar dan motivasi.
Pendekatan perilaku konsumen yang saya tahu hanya pendekatan
cardinal, dapat di lihat atau di ukur dengan satuan kepuasan.
Proses pengambilan keputusan konsumen untuk mebeli suatu
produk, adalah:
1. Pengenalan masalah
b 2. Pencarian informasi
c 3. Keputusan pembeli
KONSEP ELASTISITAS
Adalah
perbandingan perubahan proporsional dari sebuah variable dengan perubahan
variable lainnya.
Elastisitas
akan besar bilamana:
a 1. Teradapat banyak barang substitusi yang baik
b 2. Harga relative tinggi
c 3. Ada banyak kemungkinan-kemungkinan penggunaan
barang lain.
Konsep elastisitas di bagi menjadi 4 yaitu:
1 1. Elastisitas harga permintaan, adalah kepekaan
perubahan jumlah barang yang di minta terhadap perubahan yang terjadi.
E > 1 :
Elastis
E < 1 :
In elastis
E = 1 :
Seimbang
E = 0 :
In elastis sempurna
E = ~ :
Elastis sempurna
2 2. Elastisitas harga penawaran, adalah kepekaan
perubahan jumlah barang yang di tawarkan terhadap perubahan yang terjadi.
3 3. Elastisitas silang, adalah pengukuran besar atau
tidaknya kepekaan permintaan suatu barang jika harga barang lain yang berubah.
4 4. Elastisitas pendapatan, adalah pengukuran
terhadap perubahan jumlah barang yang di minta akibat dari adanya perubahan
pendapatan.