JURNAL
SERTIFIKASI KEAHLIAN DI BIDANG IT (ADMINISTRATOR, MAINTENANCE, AUDIT & MANAGEMENT)
Abstrak
Adanya
sertifikasi keahlian di bidang IT dimulai dari sertifikasi nasional maupun
internasional dibutuhkan dalam dunia pekerjaan, dengan mengincar posisi jabatan
yang di inginkan. Untuk dapat memperoleh sertifikasi yang dinginkan harus
melalui tahap-tahp yang sudah ditentukan, agar dalam meraih sertifikasi yang
ada dapat membantu untuk mendapatkan pekerjaan ataupun kenaikan jabatan.
1. Latar
belakang
Berkembangnya
implementasi TI mulai dari operasional bisnis biasa sampai ke jaringan
perusahaan yang lebih kompleks menyebabkan kebutuhan tenaga TI tidak hanya
dirasakan dari pihak perusahaan yang bergerak di bidang TI, tetapi juga nonTI.
Seiring dengan kebutuhan tenaga kerja TI yang diperkirakan akan terus
meningkat, berbagai posisi atau jabatan baru di bidang TI juga bermunculan. Jika
Anda berada berada di antara ratusan pelamar yang berharap mengisi beberapa lowongan
di bidang TI, apa yang bisa membuat Anda berbeda dengan pelamar-pelamar lain?
Lalu jika Anda sudah menjadi salah satu bagian dari tenaga TI dan ingin meniti
tangga karier, apakah yang bisa Anda lakukan untuk menegaskan kualitas Anda
dibanding sekian banyak rekan seprofesi Anda? Apa yang dapat menjadi jaminan
untuk perusahaan-perusahaan yang ingin membayar Anda untuk solusi TI yang dapat
Anda berikan ?.
Banyak jenis sertifikasi yang dapat
di raih di bidang IT, yaitu dari banyaknya jenis seperti pada sertifikasi
audit, manajemen, admistrator dan maintenance. Pada setiap jenis sertifikasi
memiliki kedudukan yang berbeda yang didalamnya juga terdapa kriteria yang
berbeda pula. Dengan mempertarukan biaya untuk mendapatkan sertifikasi menjadi
hal yang biasa, karena sertifikasi memiliki nilai penting untuk mendapatkan
pekerjaan maupun kenaikan jabatan. Maka dari itu dibuatlah jurnal ini untuk
memahami jenis dari ke-4 sertifikasi yang disebutkan di atas.
2. Pembahasan.
Administrasi
adalah proses penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baik dalam pengertian luas maupun
sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen,
yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.
Administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja
sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
Maintenance
adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan agar
peralatan selalu memiliki kondisi yang sama dengan keadaan awalnya. Maintenance
atau pemeliharaan juga dilakukan untuk menjaga agar peralatan tetap berada
dalam kondisi yang dapat diterima oleh penggunanya.(Lindley R. Higgis dan R.
Keith Mobley (Maintenance Engineering Handbook, Sixth Edition, McGraw-Hill,
2002))
Manajemen berasal dari bahasa
latin yaitu asal kata “manus” yang berarti tangan dan “agere” yang
berarti melakukan. Kedua kata itu digabung membentuk kata kerja “managere” yang
berarti menangani. “Managere” diterjemahkan ke dalam bahasa
Inggris menjadi “manage”, dan diterjemahkan ke dalam bahasa
Indonesia menjadi “manajemen” atau pengelolaan.
Audit adalah
evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit
teknologi informasi adalah bentuk pengawasan dan pengendalian dari
infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh. Istilah lain dari audit
teknologi informasi adalah audit komputer yang banyak dipakai untuk menentukan
apakah aset sistem informasi perusahaan itu telah bekerja secara efektif, dan
integratif dalam mencapai target organisasinya. Audit dilaksanakan oleh pihak
yang kompeten, objektif, dan tidak memihak, yang disebut auditor. Tujuannya
adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan
atau berjalan sesuai dengan standar, regulasi, dan praktik yang telah disetujui
dan diterima.
Profesi di
bidang Administration dan Maintenance yaitu seperti Database Administrator,
System Administrator, Network Administrator, IT Administrator dan Network
Engineer. Sertifikasi yang diberikan sebagai bentuk pengakuan profesionalitas
di bidang Administration dan Maintenance, yaitu Oracle Certified DBA Associate,
Oracle Certified DBA Professional, Oracle9iAS Web Administrator, Microsoft
Certified DBA, Cisco Certified Network Associate (CCNA), CompTIA Network+,
Master CIW Administrator, WOW Certified Web Administrator Apprentice (CWAA),
System Administration Guild (SAGE).
Institusi yang
menawarkan sertifikasi untuk Administration dan Maintenance antara lain Oracle,
Microsoft, Cisco, CompTIA, Certified Internet Web Master (CIW), World
Organization of Webmasters (WOW), dan Information Systems Audit and Control
Association (ISACA).
Sertifikasi yang diberikan
sebagai bentuk pengakuan profesionalitas di bidang Management dan Audit, antara
lain :
- CISA (Certified Information Systems Auditor)
- CISM (Certified Information Security Manager)
- CISSP (Certified IS Security Professional)
- CIA (Certified Internal Auditor)
Salah satu
institusi yang menawarkan sertifikasi untuk Management dan Audit yaitu
Information Systems Audit and Control Association (ISACA).
ISACA berdiri
secara formal sejak 1969. Pertama kali didirikan, ISACA merupakan asosiasi bagi
para IS Auditor dengan fungsi sebagai sumber informasi dan pihak yang
memberikan panduan-panduan praktik bagi IS Auditor. Namun, saat ini,
keanggotaan ISACA telah mencapai 35,000 orang yang tersebar di 100 negara di
seluruh dunia (di Indonesia terdapat 100 anggota). Keanggotaannya sendiri
mencakup berbagai macam lingkup profesi, diantaranya IS Auditor, Konsultan,
Akademisi, dan berbagai profesi lain yang terkait dengan TI. Keanekaragaman
profesi ini, membuat para anggota dapat saling belajar dan bertukar pengalaman
mengenai profesinya masing-masing. Sejak lama, hal ini telah dipandang sebagai
salah satu kekuatan ISACA di samping memiliki chapter di 60 negara yang dapat
memberi kesempatan kepada para anggotanya untuk saling berbagi pengalaman,
praktik dan pengetahuan, dan dengan demikian dapat menjadi wadah memperluas
networking bagi para anggotanya. Dalam tiga dekade terakhir, ISACA telah
berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan dijadikannya ISACA sebagai acuan
praktik-praktik terbaik dalam hal audit, pengendalian dan keamanan sistem informasi
oleh para profesional di seluruh dunia. Perkembangan ISACA ini juga ditandai
dengan semakin meningkatnya jumlah anggota secara signifikan di beberapa
negara.
Dalam bagian ini akan ditunjukkan kompetensi untuk
masing-masing bidang pekerjaan untuk administration dan maintenance serta
management dan audit.
Kompetensi dasar standar (standard core competency) yang harus dimiliki oleh kesemua kategori lapangan pekerjaan yaitu:
Kompetensi dasar standar (standard core competency) yang harus dimiliki oleh kesemua kategori lapangan pekerjaan yaitu:
1. Web Developer / Programmer
• Membuat halaman web dengan multimedia. (ANTA: ICPMM65dA)
• CGI programming
Berikut ini adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang web designer
• Kemampuan menangkap digital image. (ANTA: ICPMM21cA)
• Membuat halaman web dengan multimedia. (ANTA: ICPMM65dA)
3. Database Administrator
Database Administrator berkorelasi dengan sertifikasi ANTA ICA40299. Kompetensi yang harus dimiliki:
• Monitor dan administer sebuah database. (ANTA: ICAITS125A)
.4. System Administrator
• Menghubungkan perangkat keras. (ANTA: ICAITS014B)
• Melakukan instalasi Microsoft Windows
• Melakukan instalasi Linux
• Pasang dan konfigurasi mail server, ftp server, web server
• Memahami Routing
5. Network Administrator
• Menghubungkan perangkat keras. (ANTA: ICAITS014B)
• Administer dan melakukan konfigurasi sistem operasi yang mendukung network. (ANTA: ICAITS120A)
• Administer perangkat network. (ANTA: ICAITS121A)
• Memahami Routing
• Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya. (ANTA: ICAITS122A)
• Mengelola network security. (ANTA: ICAITS123A)
• Monitor dan administer network security. (ANTA: ICAITS124A)
6. Help Desk
• Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows seperti Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.
7. Technical Support
Kemampuan yang harus dimiliki
• Menghubungkan perangkat keras. (ANTA: ICAITS014B)
• Melakukan instalasi Microsoft Windows
• Melakukan instalasi Linux
• Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya. (ANTA: ICAITS122A)
• Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows seperti Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.
• Pasang dan konfigurasi mail server, ftp server, web server
3. Kesimpulan.
Dari
pembahasan yang ada dapat ditarik kesimpulan bahwa, dari ke emapt profesi yang
ada untuk mendapati sertifikasi yang diinginkan memiliki kriteria berbeda dan
jenis yang berbeda. Di mulai dari web developer hingga techinal support pada
bagian administrator dan maintenance.
Referensi:
Kelas : 4KA01
Nama Anggota : 1. Ruri Alhayat Isrin (16110278)
2.
Ainurrohmah (19110462)